Home Bisnis Tips Sukses Saat Anda Berbisnis Sayuran Organik

Tips Sukses Saat Anda Berbisnis Sayuran Organik

by farah waahyuni
0 comment

Sayuran ialah bagian paling penting dalam mendapatkan nutrisi yang sepadan pada makanan. Kecuali untuk keperluan gizi tubuh, mengkonsumsi sayuran juga bisa mencegah munculnya penyakit-penyakit membahayakan.

Klasifikasi sayuran sendiri ada dua, yaitu organik dan non organik. Nah, ketika ini bisnis sayur organik tengah naik daun. Simak lima tips berhasil bisnis sayur organik.

Perbedaan sayuran organik dan non organik yang pertama tentunya berlokasi pada pengaplikasian pestisida. Kecuali pestisida, unsur lainnya yang juga memberi perbedaan ialah rasa dari sayur organik yang lebih fresh dan lezat.

Dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki sayuran organik hal yang demikian, tidak heran jika pada walhasil pendukung menu empat sehat lima total ini kian menarik banyak atensi. Apalagi jumlah vegetarian dan vegan yang semakin bertambah.

Bila menilik dari sisi bisnis, tentu peluangnya cukup besar. Anda malahan dapat mengawalinya dari lahan yang kecil sekalipun. Berikut ini ialah 5 tips berhasil berbisnis sayur organik yang dapat dikutip dari web CekAja.com:

1. Siapkan media tanam

Media untuk mulai menanam sayuran organik sebetulnya tidak membutuhkan lahan khusus. Pun, Anda dapat memanfaatkan lahan sempit yang ada di sekitar rumah.

Pastikan tanah pada media tanam Anda subur. Tanah yang subur lazimnya senantiasa mengandung hara, ialah zat berisi tipe-tipe mineral untuk menolong fotosintesis tanaman.

Metode lain untuk mendapatkan kesuburan itu, pakai media penunjang seperti sekam padi, kotoran binatang yang telah kering, atau pupuk kompos. Bila mau media yang lebih simpel, pot hidroponik bisa menjadi opsi Anda.

2. Pelajari metode menanam

Ada 2 metode penanaman sayuran organik, yang pertama metode seketika dan yang kedua metode penyemaian terutama dulu. Metode seketika lazimnya diterapkan untuk tanaman atau sayuran yang berdaun atau merambat, seperti sayuran sawi, selada, bayam, dan sebagainya.

Dengan metode seketika, bibit sayuran dapat ditanam dengan kedalaman 2-3 cm pada media tanah. Meskipun metode penyemaian khusus diterapkan untuk tanaman yang berbuah seperti tomat atau terong.

Metode penyemaian mempunyai tujuan supaya tanaman dapat tumbuh lebih maksimal. Caranya, bibit disemai terutama dulu sesudah itu dapat dipindahkan di daerah pembesaran tanaman hal yang demikian.

3. Rajin perawatan

Benih sayuran organik yang telah ditanam butuh perawatan ekstra. Karena tantangan dari berbisnis ini ialah serangan hama ulat yang sewaktu-waktu dapat merusak tanaman. Sayuran organik memang lebih rentan kepada keadaan sulit hal yang demikian, mengingat tak adanya pengaplikasian obat kimia sama sekali.

Tetapi, ada trik untuk melindungi tanaman yang sedang Anda panen. Buatlah obat anti hama dari sebagian bahan natural seperti jahe dan cabe yang dihaluskan. Sesudah itu semprotkan pada segala bakal sayuran organik Anda tadi.

4. Panen seminggu dua kali

Tips sukes berbisnis sayur organik berikutnya, lakukan panen semingu dua kali atau lebih. Malahan, tergantung seberapa lama sayuran hal yang demikian dapat tumbuh. Umumnya tanaman yang pesat dipanen atau mempunyai usia yang singkat ialah sayuran hijau atau sayuran berdaun.

Sehingga, Anda dapat memanen sayuran hal yang demikian berkali-kali dalam waktu yang berdekatan. Seandainya mau profit lebih, Anda dapat menanam sayuran yang tergolon ekonomis semisal selada, daun basil, atau bayam merah.

5. Tentukan inspirasi pemasaran

Terakhir yang tidak keok penting tentunya memikirkan inspirasi pemasaran. Mungkin agak susah untuk mendistribusikannya ke pasar tradisional, kendati harga sayuran oraganik yang dapat dibilang mahal.

Untuk itu, cobalah mengawalinya dari social media terutama dulu. Sebar kontak Anda sebagai supplier sayuran organik terpercaya. Sekiranya dirasa masih kurang memuaskan, daftarkan diri Anda ke dalam salah satu vendor petani di aplikasi sayur online untuk lebih mendongkrak penjualan.

Seperti itulah kelima tips bisnis sayur organik bagi Anda yang mulai meminatinya. Memang tak gampang sebab menanam sayuran organik butuh ketelatenan tinggi. Tetapi jangan tanya keuntungannya.

Asalkan terus berupaya dan tidak Lelah berinovasi, Anda dapat meraup untung sampai Rp3 juta per pekan. Jadi kalau dihitung dalam sebulan, omzet yang didapatkan ialah sekitar Rp12 juta. Kecuali untung secara finansial, kita dapat memperoleh profit lain, ialah dapat hidup lebih sehat sebab turut mengonsumsinya di rumah

You may also like

Leave a Comment