Home Kesehatan Tips Memutus Mata Rantai Penularan Virus Corona untuk Masyarakat

Tips Memutus Mata Rantai Penularan Virus Corona untuk Masyarakat

by admin
0 comment
Tips-Memutus-Mata-Rantai-Penularan-Virus-Corona-untuk-Masyarakat

Pandemi corona masih terjadi di berbagai belahan dunia. Hingga kini jumlah kasus di dunia untuk virus ini mencapai lebih dari 1,5 juta kasus. Diantara kasus tersebut jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 330.000an pasien sedangkan jumlah orang meninggal disebabkan covid19 menjadi 88.549 jiwa. Angka-angka ini masih terus bertambah karena sepertinya pandemi di suatu negara memiliki masanya sendiri-sendiri. Saat sebagian negara di Eropa sudah mulai menunjukkan perbaikan, di Amerika justru sedang berada di masa puncaknya dengan jumlah kasus terbanyak di dunia. Begitu juga di Indonesia yang saat ini memiliki lebih dari 2,9 juta kasus positif covid19 dengan jumlah kematian 240 jiwa dan jumlah pasien sembuh mencapai 222 orang.

Jumlah tambahan kasus harian di Indonesia masih cukup tinggi dimana angka penambahan terakhir sekitar 200an kasus baru. Angka ini diharapkan akan mengalami penurunan sehingga tak banyak pasien covid19 yang berarti juga tak banyak sumber penularan. Untuk mengetahui sumber penularan yang masih ada di masyarakat, pemerintah sudah melakukan prosedur rapid tes yang nantinya akan disusul dengan tes PCR yang sudah didatangkan dari Swiss. Dengan begitu diharapkan pemerintah dapat melakukan tes jauh lebih banyak dalam satu harinya sehingga sumber penularan di masyarakat bisa dihentikan.

Selain pemerintah dan tenaga medis, masyarakat juga harus aktif dalam membantu penularan virus corona. Apa sih yang bisa dilakukan oleh masyarakat dalam usaha mencegah penularan covid19? Ini dia yang bisa Anda lakukan:

1. Di rumah saja.

Gerakan di rumah saja merupakan cara yang paling ampuh untuk memutus mata rantai penularan virus. Jika Anda dan keluarga tidak ada yang positif covid19 maka lebih aman untuk tetap berkumpul bersama mereka dibandingkan keluar rumah yang bisa saja Anda bertemu dengan orang yang positif atau carrier.

2. Sering mencuci tangan.

Cuci tangan lebih sering dengan menggunakan sabun dan air mengalir terutama setelah Anda memegang benda baru dari luar rumah. Cuci juga benda baru tersebut untuk membunuh kuman yang mungkin menempel.

3. Jaga jarak.

Saat harus keluar rumah terapkan jaga jarak minimal 1 meter dengan orang yang Anda temui. Hindari kontak fisik dan hindari menyentuh benda-benda di sekitar Anda. Jika terpaksa harus memegang sesuatu, cuci tangan menggunakan hand sanitizer.

4. Gunakan masker.

Kita tak pernah tahu siapa orang yang positif covid19 di sekitar kita. Karenanya, saat berada di luar rumah, selalu gunakan masker untuk menyaring udara yang dihirup.

5. Terapkan etika batuk.

Saat Anda batuk, meski sudah menggunakan masker, tetap tutupi area mulut dan hidung dengan siku sehingga memperkecil resiko droplet menyebar ke udara.

6. Hindari alat transportasi umum.

Gunakan kendaraan pribadi saat Anda harus keluar rumah. jika harus menggunakan transportasi umum, pilihlah alat transportasi yang masih luang sehingga tidak berdesakan.

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu pemerintah dalam mencegah penularan corona. Selain itu jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan berkonsultasi dengan tenaga medis jika perlu secara online untuk mencegah Anda keluar rumah melalui aplikasi Halodoc. Makan makanan yang bergizi seimbang dan lengkap untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Bagi yang sedang sakit, sebaiknya tidak keluar rumah sama sekali karena virus ini memiliki resiko yang lebih fatal untuk mereka dengan kekebalan tubuh rendah seperti orang sakit, manula dan mereka dengan riwayat hipertensi dan diabetes.

You may also like

Leave a Comment