Home Otomotif Tips Gampang Hadapi Jalan Menanjak Saat Menggunakan Mobil Transmisi Manual

Tips Gampang Hadapi Jalan Menanjak Saat Menggunakan Mobil Transmisi Manual

by farah waahyuni
0 comment

Salah satu trek yang paling mengkhawatirkan bagi pengemudi pemula adalah tanjakan. Khususnya, kendaraan yang dikendarai menerapkan transmisi manual. Sebab itu pengemudi dihimbau untuk menyelesaikan kekhawatiran yang dinikmati supaya tidak gugup ketika menghadapi trek menanjak.

Menyetir di tanjakan berbeda dengan trek datar, sebab penyesuaian kopling, gas dan rem semestinya dilihat, khususnya ketika mengalami kemacetan.

Tidak cuma itu, pengemudi juga dituntut untuk dapat mengontrol kopling, rem, serta gas secara berbarengan supaya mesin tidak mati dan resiko kendaraan mundur bisa dihindari.

Untuk mewaspadai kejadian hal yang demikian, berikut kiat yang semestinya dikerjakan supaya piawai mengemudi dengan transmisi manual di tanjakan:

1. Perhitungkan Kemiringan Tanjakan

Saat lewat trek tanjakan, cobalah untuk memperkirakan kemiringannya supaya gigi yang akan dipakai pantas. Apabila tanjakan menonjol terjal, pengemudi diinginkan menerapkan gigi rendah seperti gigi satu.

Ketika berada di posisi gigi rendah, bunyi mesin kendaraan beroda empat akan terdengar lebih kasar dari umumnya, mendengar hal itu, pengemudi dihimbau lebih hening sebab itu amat wajar terjadi.

2. Memakai Rem di Jalanan Tanjakan

Ada sebuah teknik khusus yang dikerjakan ketika mengalami kemacetan di trek tanjakan, di mana pengemudi semestinya piawai menerapkan kombinasi rem kaki dan rem tangan.

Terdapat tiga metode untuk melalukan hal ini, berikut caranya:

– Memakai rem tangan, apabila jarak dan waktu stop cukup lama. Jangan terus-menerus menginjak rem sebab pengemudi diukur lebih kencang lelah dan risiko melepas rem secara tidak sengaja bisa terjadi.

– Memanfaatkan rem kaki ketika tanjakan tak terlalu tinggi dan waktu stop tak terlalu lama.

– Sistem terakhir yakni stop menginjak separuh kopling, metode ini dapat dipakai supaya kendaraan beroda empat lebih waspada apabila semestinya lantas berjalan kembali. Tapi hai ini amat tak direkomendasikan seandainya trek yang hendak dilewati tanjakan terjal.

You may also like

Leave a Comment