Suka Olahraga Sepeda Statis? Manfaat Ini Bisa Didapat!

Suka-Olahraga-Sepeda-Statis-Manfaat-Ini-Bisa-Didapat
Foto dari Canva

Super sibuk dan tidak memiliki waktu untuk bersepeda di luar ruangan? Tenang saja, kamu bisa kok bersepeda di dalam ruangan atau di rumah menggunakan sepeda statis. Apakah itu? Sepeda statis sendiri merupakan salah satu alat treadmill yang akan membantumu berolahraga di rumah tanpa perlu capek-capek pergi ke luar rumah. Alat  satu ini bisa kamu temukan di tempat jual treadmill. Misalnya MG, toko alat musik dan sport terlengkap dengan harga super murah.

Nah, bicara mengenai sepeda statis, siapa sangka, rutin olahraga menggunakan sepeda statis ternyata dapat memberikan banyak manfaat untukmu, loh. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak pembahasannya!

1. Berat badan berkurang

Salah satu manfaatnya yaitu dapat membantu mengurangi sekaligus mengontrol berat badan. Di mana, rutin melakukannya selama kurang lebih 45 menit sehari, maka kamu bisa memangkas 400-600 kalori tubuh. Bahkan, olahraga satu ini juga bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Untuk itu, yuk, jangan tunda lagi melakukannya.

Nah, supaya manfaatnya semakin optimal, kamu bisa mengimbanginya dengan diet rendah kalori. Melansir Alodokter, melakukan olahraga sepeda statis secara rutin serta ditambah diet rendah kalori dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di tubuh sekaligus menurunkan berat badanmu.

2. Otot menjadi kuat

Bukan hanya itu, olahraga menggunakan sepeda statis juga dapat memperkuat dan mengencangkan otot-otot di tubuh. Misalnya, otot paha, kaki, lengan, bahu, perut, hingga punggung. Bahkan, tulang dan persendian tubuh pun menjadi lebih kuat dan membantu meringankan nyeri sendi, seperti osteoporosis, misalnya. Menurut hasil lansiran yang didapat, sepeda statis minim risiko cedera sehingga jika dilakukan oleh lansia maka tidak akan menimbulkan masalah yang serius.

3. Stamina tubuh meningkat

Selain dapat menguatkan otot tubuh, sepeda statis juga dapat meningkatkan stamina di tubuhmu, loh. Semakin kuat stamina, tentu tubuh akan menjadi lebih fit dan tidak akan mudah kelelahan. Manfaatnya sendiri bisa diperoleh jika kamu rutin melakukan olahraganya selama 30 menit sehari atau minimal 150 menit per minggu. Atau, jika kamu kuat melakukannya, tidak ada salahnya lebih dari angka tersebut.

4. Jantung menjadi lebih sehat

Sepeda statis pun bisa dijadikan sebagai salah satu cara meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Di mana, olahraga satu ini dapat membantu melancarkan aliran darah, mengontrol tekanan darah di tubuh, serta mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah. Oleh karena itu, kamu sangat direkomendasikan untuk mencoba olahraga satu ini. Semakin sehat jantungmu, tentu risiko kamu diserang penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke bisa diminimalisir dengan baik.

Nah, selain keempat manfaat di atas, kamu juga akan merasakan manfaat lainnya seperti membantu memperbaiki kualitas tidur, mengurangi nyeri punggung, serta mencegah stres dan beban pikiran.

Wah, cukup banyak sekali kan manfaatnya?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *