Home Otomotif Mendeteksi Kerusakan Motor Lewat Asap Knalpot

Mendeteksi Kerusakan Motor Lewat Asap Knalpot

by admin
0 comment
Mendeteksi-Kerusakan-Motor-Lewat-Asap-Knalpot

Sepeda motor merupakan jenis transportasi yang paling diminati di Indonesia. Kendaraan roda dua ini banyak dipilih masyarakat karena harga yang terjangkau, serta perawatannya yang mudah dan murah. Meski demikian, seiring lamanya pemakaian pasti akan muncul kerusakan yang tidak diinginkan. Supaya masalah tersebut tidak semakin parah, sebagai pemilik yang baik harus bisa mendeteksi kerusakan tersebut sedini mungkin, dan cara yang paling mudah adalah dengan deteksi kerusakan motor lewat asap knalpot.

1. Knalpot Mengeluarkan Kepulan Asap Hitam

Kondisi pertama ini biasanya berasal dari bocornya klep, sehingga ruang pembakaran dalam motor menjadi kelebihan bahan bakar. Untuk melakukan deteksi kerusakan motor lewat asap knalpot ini cukup mudah karena biasanya motor mengeluarkan kepulan asap berwarna hitam yang diakibatkan pembakaran BBM yang tidak sempurna. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu menyetel kembali karburator, serta menggunakan bahan bakar berkualitas untuk mendapatkan hasil pembakaran yang bagus.

2. Knalpot Mengeluarkan Asap putih

Berbeda dengan asap hitam yang diakibatkan oleh masalah seputar bahan bakar, asap putih biasanya menandakan kerusakan yang lebih serius. Kerusakan yang umumnya ditandai dengan asap knalpot berwarna putih, yaitu terdapat lecet di blok silinder dan juga kerusakan pada ring piston. Akibatnya pembakaran BBM yang berada di ruang pembakaran akan terganggu akibat tercampur dengan oli.

Karena yang diperbaiki adalah komponen vital. Bila tidak mempunyai pengalaman dalam memperbaiki motor sebaiknya serahkan penaganannya pada bengkel resmi. Terlebih lagi letak piston berada di bagian jantung mesin membuatnya harus dilakukan overhaul. Sementara itu untuk blok silinder pun harus di bore-ip terlebih dahulu agar pemasangan pada ring piston dapat sesuai.

Beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan pada kedua komponen vital tersebut seperti usia motor yang sudah tidak layak pakai,dan penggantian oli yang tidak teratur. Maka dari itu, bila deteksi kerusakan motor lewat asap knalpot ini sudah diketahui, jangan menunggu lama untuk memeriksa komponen motor Anda yang bermasalah. Dengan demikian kerusakan dapat cepat ditangani dan tidak berujung pada turun mesin.

You may also like

Leave a Comment