Home Teknologi Kekurangan, Kelebihan serta Perbedaan Intel Core dan AMD

Kekurangan, Kelebihan serta Perbedaan Intel Core dan AMD

by admin
0 comment
Kekurangan-Kelebihan-serta-Perbedaan-Intel-Core-dan-AMD

Intel Core dan AMD adalah dua prosesor andalan untuk PC atau laptop Anda. Baik Intel Core maupun AMD tentunya memiliki perbedaan, kekurangan dan kelebihan yang khas dari masing-masing prosesor. Berikut ini kekurangan, kelebihan dan perbedaan intel core dan AMD yang perlu Anda ketahui.

Intel Core dan AMD

Ibarat tubuh manusia, prosesor adalah otak yang bertugas untuk memberikan perintah dan mengontrol semua fungsi perangkat keras dan lunak. Karenanya penting untuk tahu mengenai prosesor pada laptop atau PC sebelum membeli.

Ketahui kekurangan, kelebihan dan perbedaan dua prosesor tersebut juga tak kalah penting agar laptop yang dibeli sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Perbedaan Sejarah

 Intel Core maupun AMD memiliki sejarah produksi yang berbeda. Intel Core ditemukan lebih dulu ketimbang AMD. Prosesor Intel pertama kali dirilis pada tahun 1971. Lalu, 20 tahun kemudian tepatnya pada 1991, AMD baru dirilis dengan kode AM386. Meski tergolong baru, namun AMD sudah bisa bersaing dengan Intel pada masa itu.

2. Kekurangan dan Kelebihan

Untuk suhu prosesor, Intel memiliki Thermal Design Point yang lebih rendah. Hal ini memungkinkan prosesor tidak cepat panas. Suhu pada prosesor adalah faktor penting, karena semakin cepat panas laptop atau PC Anda, berpengaruh pada listrik dan ketahanan baterai.

AMD lebih cepat panas karena core yang dimiliki lebih banyak, walaupun kegunaan core ini sebenarnya bikin prosesor makin kencang namun suhu panas yang dihasilkan juga bikin prosesor cepat rusak.

Pada kemampuan dan kualitas grafisnya, AMD tergolong lebih unggul dibandingkan Intel. Walaupun Intel kalah dari segi grafis, Intel lebih baik dalam kemampuan multimedianya. Resolusi gambar maupun tulisan pada layar lebih tajam dibandingkan ADM.

3. Harga

Pada segi harga, AMD menjual prosesornya dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan Intel Core. Inilah menjadi keunggulan AMD, dengan spesifikasi yang tak kalah apik, ia mampu memberikan harga yang lebih murah sehingga terjangkau oleh semua kalangan.

Kesimpulan

Setelah mengetahui perbedaan Intel Core dan AMD, maka sampailah pada kesimpulan bahwa kedua prosesor tersebut memiliki performa dan kelebihan serta kekurangan yang berbeda sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda mencari prosesor dengan harga terjangkau dan performa yang standar silakan memilih AMD namun jika memiliki biaya lebih dan ingin performa tinggi disarankan untuk membeli prosesor Intel Core.

You may also like

Leave a Comment