Home Otomotif Hal Yang Tidak Boleh Di Lakukan Di Mobil Matik

Hal Yang Tidak Boleh Di Lakukan Di Mobil Matik

by farah waahyuni
0 comment

Walaupun lebih gampang dikendarai, tidak sedikit orang menyebut perawatan kendaraan beroda empat matik lebih susah dibanding transmisi manual. Sebab, seandainya salah satu bagian rusak, dapat menyebabkan bagian lainnya mengalami kendala.

Kecuali itu, ada hal yang tidak boleh dilaksanakan pengendara pada kendaraan beroda empat matik supaya kinerja dan usia kendaraan konsisten terjaga.

Berikut sebagian hal yang tak boleh dilaksanakan pada kendaraan beroda empat bertransmisi matik supaya konsisten dalam situasi prima untuk dikendarai.

1. Jangan Pindahkan Transmisi ke Posisi Netral di Jalan Menurun

Mungkin ada pemilik kendaraan beroda empat bertransmisi matik yang berdaya upaya dikala melintasi bawaan tanpa memasukkan gigi transmisi akan lebih hemat bahan bakar.

Melainkan, metode ini salah dan patut dihindari. Bila acap kali dilaksanakan, transmisi akan gampang jebol sebab terdapat pompa oli dan lainnya.

Kecuali itu pada teladan kendaraan beroda empat dikala ini, kalau pengendara konsisten memasukkan gigi di jalur menurun, mesin kendaraan beroda empat akan menyesuaikan diri supaya tak mengonsumsi bahan bakar.

Saat konsisten memasukan gigi, fuel injector akan tertutup dan putaran roda akan meneruskan kekuatan ke mesin dengan semacam itu tidak ada bahan bakar yang diterapkan.

2. Pastikan Empat Stop Sebelum Mengganti Gigi

Sebelum mengganti posisi gigi, pastikan kendaraan telah dalam posisi membisu. Semisal, dikala Anda berharap memundurkan kendaraan beroda empat ‘R’ dari posisi ‘D’, pastikan kendaraan beroda empat telah stop, semacam itu juga sebaliknya.

Pakai rem untuk stop. Ingat, transmisi dirancang cuma untuk mengganti gigi sementara untuk membikin kendaraan beroda empat stop direkomendasikan untuk senantiasa menerapkan rem.

3. Langsung Jangan Saat Digeber

Ada sebagian pemilik kendaraan beroda empat matik yang memposisikan gigi di ‘netral’ lalu seketika menginjak pedal gas cukup dalam dan seketika memindahkan gigi transmisi ke posisi ‘drive’.

Hal ini sungguh-sungguh tak direkomendasikan sebab berisiko merusak bagian transmisi dan juga clutch pada kendaraan.

4. Dikala Lampu Merah Pindahkan Gigi ke Posisi Netral

Dikala terkena macet atau lampu merah sebaiknya memindahkan tuas transmisi itu dari ‘drive’ ke posisi ‘netral’.

Saat pada biasanya pengemudi kendaraan beroda empat matik konsisten menginjak rem dalam situasi tuas masih berada di posisi ‘D’, sedangkan hal ini akan membikin usia transmisi lebih pendek ketimbang patut.

5. Jangan Pindahkan Gigi pada Posisi ‘P’ Saat Empat Belum Stop

Saat hendak memarkir kendaraan beroda empat, pastikan kendaraan beroda empat telah stop sepenuhnya sebelum memindahkan transmisi ke posisi ‘P’.

Pindah tuas transmisi dikala kendaraan beroda empat belum stop, berisiko merusak dan memperpendek usia transmisi. tuas ‘P’ untuk parkir bukan untuk mengerem kendaraan.

You may also like

Leave a Comment