Home Teknologi 7 Tips Merawat HP Murah Agar Tetap Awet

7 Tips Merawat HP Murah Agar Tetap Awet

by admin
0 comment
7-Tips-Merawat-HP-Murah-Agar-Tetap-Awet

Sebagai alat komunikasi masa kini, ponsel merupakan perangkat yang dimiliki oleh semua orang. Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih membuat orang bisa bergonta-ganti ponsel kapan saja. Bahkan banyak vendor yang terus melakukan inovasi pada produk gawai yang lebih kekinian. Kalau Anda ingin membeli HP murah namun tetap memberikan kualitas terbaik, sebaiknya ketahui tips merawat gawai agar tahan lama berikut.

Merawat HP dengan benar

Berikut adalah tips merawat HP yang sebaiknya Anda terapkan.

1. Selalu gunakan charger original

Ponsel kesayangan akan awet dan bisa digunakan bertahun-tahun kalau Anda selalu menggunakan charger original. Pasalnya, kepala charger belum tentu cocok dengan kabel pengisian daya yang bersifat universal.

2. Hindari mengisi daya lewat powerbank terlalu sering

Intensitas mengisi daya baterai ponsel dengan powerbank kecuali Anda tengah bepergian. Daya dari powerbank bisa menyebabkan ponsel Anda cepat mengalami overheat dan gampang sekali rusak.

3. Rajin membersihkan LCD dan bodi ponsel

Beli HP murah bukan berarti Anda membeli produk yang kurang berkualitas dan mudah rusak. Meskipun Anda membeli HP dengan harga mahal tanpa merawat dengan benar, maka ponsel bakal rusak dalam hitungan waktu yang singkat. Selalu rajin bersihkan layar kaca ponsel Anda menggunakan kain yang bersih. Bisa pula menggunakan kain dengan sedikit alkohol untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Lap microfiber bisa Anda pilih untuk membersihkan debu yang menempel pada bagian bodi. Debu yang menempel dan masuk ke bagian terkecil ponsel bisa berdampak pada kerusakan komponen di dalamnya. Jangan menggunakan tisu sebab serat pada tisu bisa tertinggal pada ponsel Anda.

4. Melindungi ponsel dengan case yang aman

Penggunaan case direkomendasikan untuk menekan risiko ponsel jatuh dan mengalami retak atau pecah. Sebaiknya pilih case yang tepat alias sesuai dengan tipe ponsel Anda, ya! Jangan lupa untuk melepas case ponsel saat Anda ingin mengisi daya baterai.

5. Jangan suka menggunakan ponsel di bawah sinar matahari

Sebaiknya Anda menghindari penggunaan ponsel di bawah terik matahari secara langsung atau ruang terbuka yang lumayan panas. Ponsel bisa menjadi mudah rusak akibat penggunaan di tempat yang memiliki suhu tidak terkontrol. Suhu lingkungan yang normal untuk menggunakan ponsel adalah 16-30 derajat celcius.

6. Jangan suka mengisi daya berlebihan

Sebaiknya segera cabut kabel pengisian daya Anda apabila ponsel sudah terisi penuh. Untuk menjaga kelangsungan hidup baterai lebih awet, sebaiknya cabut kabel pengisian saat daya ponsel mencapai 80-90 persen. Jangan suka membiarkan daya ponsel sampai habis total baru melakukan pengisian daya baterai, ya!

Banyak kasus kerusakan ponsel disebabkan oleh penggunaan selama charging. Sebaiknya Anda menghindari penggunaan ponsel untuk bermain game, menelepon atau aktivitas lain selama proses pengisian daya.

7. Aktif melakukan pembersihan ponsel

Ponsel yang mudah mengalami slow response atau lambat bisa disebabkan oleh penggunaan aplikasi yang memakan RAM besar. Sebaiknya Anda pandai memilih aplikasi mana yang sesuai dengan kapasitas penyimpanan ponsel. Jika aplikasi tidak dibutuhkan, segera hapus dari ponsel agar tidak membebani kinerja.

HP yang memiliki harga murah tentu memiliki RAM sedikit memang digunakan untuk komunikasi atau selancar di internet semata. Anda harus mengurangi risiko ponsel menjadi lebih rusak akibat mengunduh dan memainkan game kelas berat. Perhatikan spesifikasi ponsel sebelum tertarik untuk membelinya, ya!

Beberapa tips merawat HP murah yang bisa Anda jadikan referensi. Selama Anda tahu bagaimana cara untuk merawat ponsel kesayangan, maka tidak perlu ganti gawai sesering mungkin. Anda bisa menghemat pengeluaran untuk beli ponsel baru, bukan?

You may also like

Leave a Comment